GRAND OPENING TA’ARUF HALAQOH ILMIAH 2020/2021

GRAND OPENING TA’ARUF HALAQOH ILMIAH 2020/2021

“One Team One Dream: Explore Your Passion and Create Your Mission”

Jum’at, 6 Februari 2020

UPKM Halaqoh Ilmiah menggelar acara grand opening ta’aruf halaqah ilmiah 2020/2021 melalui via zoom meeting. Ta’aruf HI (Halaqoh Ilmiah) ini diikuti oleh seluruh anggota UPKM Halaqoh Ilmiah sebanyak 48 peserta.

Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Malang – Unit Pengembangan Kreativitas Mahasantri (UPKM) Halaqoh Ilmiah menggelar acara grand opening ta’aruf Halaqoh Ilmiah 2020/2021 melalui via zoom meeting. Acara ini diikuti oleh seluruh anggota Halaqoh Ilmiah sebanyak 48 peserta.

Foto Hasil Kegiatan melalui Zoom Virtual Meeting

Grand opening ta’aruf Halaqoh Ilmiah dilaksanakan di Gedung Halaqah Ma’had, Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Malang, Jum’at (6/02/2020) melalui zoom meeting yang diikuti oleh seluruh anggota UPKM Halaqoh Ilmiah. Pengurus UPKM Halaqoh Ilmiah telah menyiapkan segala kebutuhan demi kelancaran acara, mulai dari zoom meeting, tempat, laptop, pemateri, dan susunan dari acara ta’aruf ini. Ta’aruf HI kali ini berbeda dengan ta’aruf tahun sebelumnya, karena pelaksanaanya diselenggarakan via online akibat adanya pandemi covid-19 ini. Namun, hal ini tidak mengurangi api semangat yang berkobar dalam diri masing-masing pengurus maupun anggota HI untuk menyukseskan terselenggaranya ta’aruf HI ini. Ta’aruf HI diselenggarakan bertujuan untuk mengenalkan UPKM Halaqoh Ilmiah, selain itu ta’aruf ini memiliki tema yang menarik dan menjadi hal baru dalam yaitu “One Team One Dream: Explore Your Passion and Create Your Mission” yang menjadi sorotan penting dan bahan bagi para pemateri.

Acara dimulai pada pukul 08.45 WIB yang dipandu oleh kak Agi dan kak Silvi sebagai master of ceremony (MC). Kemudian diikuti dengan sambutan ketua harian Halaqoh Ilmiah oleh kak Firman. Kak Firman menyapa seluruh anggota UPKM halaqah ilmiah dan menyalurkan energi positif kepada mereka. Kemudian dilanjut dengan sambutan dari ketua umum UPKM Pusat Ma’had Al-Jami’ah yakni Ustadz Syauqi. Beliau memberikan arahan kepada seluruh peserta ta’aruf baik pengurus maupun anggota untuk senantiasa memberikan andil dan kontribusi bagi UPKM Halaqoh Ilmiah. Ta’rauf UPKM Halaqoh Ilmiah ini juga disambut oleh Kabid Kesantrian yaitu Kyai Gufron Hambali sekaligus membuka acara ta’aruf UPKM halaqah ilmiah. Beliau adalah salah satu pengasuh di Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Malang. Beliau memberikan nasihat bagi seluruh stakeholder UPKM Halaqoh Ilmiah untuk menjalankan amanah dan tanggung jawab yang diberikan utamanya kepada para pengurus.

Penyampain materi ta’aruf Halaqoh Ilmiah dimoderatori oleh kak Delvi. Ada dua pemateri dalam acara ini. Ustadz Abduh mengawali materi dengan membahas tentang “Motivasi berkarya dalam Penalaran, Penulisan, dan Penelitian”. Dalam hal ini beliau begitu luas menyampaikan wawasan mengenai bagaimana cara kita untuk mengasah bakat dan berkarya. Menggali bakat itu sangat penting, sehingga perlu adanya effort untuk mengetahui potensi yang kita miliki, dengan terus menerus menggali dan mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki.

“Yang dibutuhkan saat ini itu adalah potensi kita dan bakat kita. Gali setiap potensi dan aset yang ada. Bentuklah mimpi dengan punya planning dan target. In syaa Allah anak-anak HI semuanya berkualitas dan yang sukses tidak hanya di dunia tetapi di akhirat”. Kalimat-kalimat mutira oleh Kak Abduh

Hal terpenting selain kita fokus kepada bagaimana cara kita menggali potensi dalam diri sehingga kita bisa meraih mimpi kita, do’a dan restu dari orang tua menjadi poin utama dalam hal ini. Orang tua menjadi tonggak motivasi untuk setiap individu dalam meraih ambisi. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk selalu melibatkan orang tua dalam melakukan segala hal dengan cara meminta do’a dan restu baik itu secara langsung maupun via telepon, supaya langkah kaki kita mendapatkan ridho dari orang tua dan Allah SWT. Pemaparan materi dari sosok kak abduh ini sangat menusuk hati dan menjadi cambuk semangat untuk mimpi kita di masa yang akan datang.

Kemudian materi kedua disampaikan oleh Ustadz Gufran yang membahas mengenai UPKM Halaqoh Ilmiah dan esensi dari kalimat “ One Team One Dream”. Beliau mengenalkan UPKM Halaqoh Ilmiah melalui pemaparan mengenai devisi-devisi yang ada di halaqah ilmiah yaitu DIKNAL (Diskusi dan Penalaran), RND (Research and Development), dan MO (Media Organizing). Melalui UPKM Halaqoh Ilmiah, mahasantri dapat menyalurkan apa yang telah diperoleh dari jurusannya melalui devisi-devisi baik kepeulisan, diskusi, dan publishing hasil dari tulisannya. Esesnsi dari kalimat “ One Team One Dream” menurut Ustadz Gufran yaitu kumpulan individu dalam sebuh organisasi yang berbeda namun memiliki tujuan dan mimpi yang sama, akan tetapi dalam hal ini langkah-langkah dalam meraih tujuan tersebut berbeda.  Jadi dalam UPKM Halaqoh Ilmiah kita memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyukseskan dan mengharumkan nama Halaqoh Ilmiah.

“Kunci kesuksesan seseorang dapat dimulai dari pribadinya sendiri yaitu dengan cara jika kita ingin berkembang maka kita harus memulai”. Pungkas Ustadz Gufran.

Kedua pemateri sangat luar biasa di dalam menyampaikan ilmu pengetahuan yang asing di telinga para peserta sebelumnya. Selain itu salah satu dari peserta, Zaki Ramadhan yang bertanya mengenai  cara agar konsisten untuk semangat. Para pemateri memberikan penjelasan bahwa semangat itu dimulai dari dalam diri, jadi bagaimana cara kita untuk selalu istiqamah, ditambah dengan orang-orang disekitar yang kita sayang dapat menjadi motivasi untuk terus bersemangat contohnya adalah kedua orang tua kita.

Acara ini dimeriahkan pula dengan pengumuman para pemenang. Caption like terbanyak dimenangkan oleh @auuuazha,  caption menarik dimenangkan oleh @udhiyatazahbi_, caption terbaik dimenangkan oleh @nurul.qonita, penanya terbaik dimenangkan oleh Zaki Ramadhan dan Prihardini. Acara ini ditutup dengan do’a oleh kak Edi.

Alhamdulillah acara ta’aruf Halaqoh Ilmiah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan planning para pengurus HI sebelumnya yang diketuai oleh  Kak Anilna dari devisi media organizing (MO). Tindak lanjut dari acara ta’aruf ini yaitu dengan menjalankan berbagai program kerja dari masing-masing devisi bersama dengan para anggota UPKM Halaqoh Ilmiah.

Leave a Reply