Ta’lim IT Halaqoh Ilmiah “ Peluang Digitalisasi Bisnis dan Organisasi di Tahun 2021”

Ta’lim IT Halaqoh Ilmiah “ Peluang Digitalisasi Bisnis dan Organisasi di Tahun 2021”

Devisi Media Organizing (MO) yang merupakan bagian dari Unit Pengembangan Kreativitas Mahasantri (UPKM) Halaqoh Ilmiah telah menyelenggarakan Webinar Ta’lim IT yang bertema “ Peluang Digitalisasi Bisnis dan Organisasi di Tahun 2021” pada tanggal 21 Maret 2021 mulai pukul 19.45 WIB sampai 21.00 WIB Pemateri dalam webinar tersebut adalah Nanda Mochammad A.R . Ia merupakan ketua harian UPKM HI 2018/2019. Di samping itu, ia memiliki banyak pengalaman yang berkaitan dengan tema yang dibahas.

Foto Bersama Pengurus UPKM dengan Pemateri

 Mengingat laju perkembangan teknologi yang semakin cepat, pemateri menekankan  agar kita semakin jeli dalam memanfaatkan peluang. Terutama dalam hal digitalisasi organisasi dan bisnis. Kemudian, pemateri memaparkan relevansi antara organisasi dan bisnis di era digital. Dimana, digitalisasi organisasi merupakan upaya untuk membangun relasi dengan orang-orang yang memiliki minat atau ketertarikan dalam bidang yang sama dalam bentuk forum online. Tujuannya, agar siapapun yang tertarik untuk bergabung di dalam forum tersebut tidak menjadikan perbedaan negara sebagai kendala. Lalu, setelah melakukan digitalisasi organisasi, setiap anggota memiliki kesempatan yang sama untuk memasarkan produk atau jasa yang berkaitan dengan nilai-nilai yang telah dibangun dalam forum tersebut. Sehingga, berpotensi memiliki banyak peminat. Begitulah sekilas relevansi antara digitalisasi organisasi dan bisnis.

Selain itu, pemateri juga menyampaikan beberapa keuntungan dari digitalisasi organisasi dan bisnis. Beberapa diantaranya yaitu : (1) Efisiensi tenaga kerja, biaya, dan tempat, (2) jangkauan wilayah lebih luas (3) meningkatkatkan target pasar, (4) mempermudah interaksi antar anggota, (5) memperluas pembahasan. Di samping itu, pemateri juga memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan bagi pembisnis pemula yang ingin memulai bisnis namun terkendala modal. Adapun tips-tips yang ditawarkan oleh pemateri yaitu menggunakan sistem dropship dan reseller. Selain produk berupa barang, pemateri juga menyampaikan bahwa jasa juga memiliki peluang yang besar untuk masuk ke ranah digitalisasi bisnis. Caranya, kita harus memiliki personal branding, memperluas relasi, serta mampu menampilkan portofolio atau kumpulan karya yang bisa meyakinkan oranglain bahwa kita memiliki pengalaman dan kemampuan lebih terkait apa yang ditawarkan.

Para peserta yang mengikuti webinar tersebut, baik yang via virtual (google meet) atau langsung di kantin putra lantai 2 yang merupakan sebagian besar pengurus UPKM HI dan beberapa murobbi murobiah, terlihat begitu antusias dalam menyimak materi yang disampaikan. Hal tersebut terlihat dari keaktifan beberapa peserta untuk mengajukan pertanyaan. Selama acara berlangsung, tidak ada kendala yang berarti. Hanya saja, ketika salah satu peserta yang mengikuti via virtual mengajukan pertanyaan, suaranya sempat tidak terdengar karena gangguan jaringan. Namun, pertanyaannya tetap bisa tersampaikan melalui kolom chat. Acara berjalan dengan lancar dan materi tersampaikan dengan baik.

Leave a Reply